Jumat, 23 Desember 2011

Suku Israel yang hilang di Maluku


Saya sengaja menulis dan menerbitkan fakta-fakta tentang  Suku Israel yang hilang di Maluku di blok ini karena keterbatasan dana untuk menerbitkan sebuah buku yang memaparkan fakta-fakta tersebut dari hasil penelitian saya,  kenapa saya memakai kata menerbitkan karena fakta-fakta yang saya dapat ini  ssebagiannya baru pertama kali ini dijelaskan secara tulisan atau dipublikasikan, pertama kali dipublikasi/ditulis oleh saya di halaman Facebook berjudul Suku Israel di Maluku dan publikasi kedua di blog ini.
Tulisan ini dibuat bukan untuk menonjolkan kalau salah satu ras atau bangsa tertentu lebih tingi derajatnya atau lebih rendah derajatnya dari ras maupun bangsa yang lain, karena semua suku, ras, bangsa semuanya sama dihadapan Tuhan.
Tulisan ini dibuat untuk menyajikan informasi dan fakta-fakta yang ada tentang sejarah dan asal-usul masyarakat maluku, khususnya yang membahas tentang asal-usul sebagian atau seluruh masyarakat Maluku, yang berasal dari beberapa suku israel yang hilang selama berabad-abad dan tersebar di seluruh dunia, salah satunya di Maluku. diliihat dari segi budaya,adat istiadat setempat, Kepercayaan, serta sejarah lisan masyarakat setempat secara turun-temurun.
dan baru-baru ini dilakukan beberapl penelitian dari ahli-ahli, lembaga-lembaga lokal maupun internasional/dalam hal ini beberapa ahli/Rabi-rabi yang dikirim langsung dari israel ke Maluku. dan menemukan sejumlah bukti atau fakta-fakta tentang Masyarakat Maluku yang mempunyai kaitan erat dengan suku-suku israel yang hilang. Diantaranya seperti Nama marga/klan/budaya setempat yg sama persis, serta melalui serangkaian tes Dna/gen.

1.salah satu adat istiadat Israel/Yahudi yang masih dipelihara saat ini adalah, Adat Perkawinan masyarakat pedalaman Buru. dimana dalam pernikahan apabila sang suami meninggal maka sang adik atau kakak dari mendiang sang suami wajib menikahi janda yang ditinggalkan oleh mendiang. adat istiadat atau kebiasaan ini masih dipelihara dan dijalankan oleh masyarakat Maluku khususnya masyarakat Buru yang dirurunkan/diwariskan turun-temurun dari nenek moyang mereka Bangsa Israel/Yahudi Ulangan 25:5-10.
 2. ada satu kebiasaan yang masih dijalankan dan dilakukan oleh sebagian masyarakat maluku yang sama dengan saudara2nya di Israel, kalau anda orang maluku dan berdomisili di Maluku anda pasti tau kebiasaan ini, orang maluku mempunyai kebiasaan menabur garam di rumahnya, pengalaman dialami oleh saya sendiri, saya ingat waktu saya kecil  saya tidur dan diganggu oleh roh jahat seperti dicekik  dan  tidak bisa bernafas sehingga saya tidak bisa tidur dan menangis, tebak apa yang dilakukan ibu saya, dia bangun dan menaburi garam disekitar tempat tidur saya, diapun mengajarkan saya jika mengalami hal yang sama maka saya harus mengambil garam dan menaburi disekitar tempat saya, dia menjelaskan garam tersebut untuk menyujikan tempat sekitarnya dari roh2 jahat dan mengusirnya  walaupun kebiasaan ini sudah mulai dilupakan karena sudah tidak sesuai dengan nilai2 agama.

7 komentar:

  1. ralat maksud saya sebelum saya memposting di blog ini saya sudah memposting sebelumnya di Fanpage Facebook Suku Israel yang hilang Di Maluku. masih banyak fakta-fakta yang saya kumpulkan tapi cukup dulu untuk saat ini.

    BalasHapus
  2. bung bisa tanya tanggapannya sdikit...mengenai sejarah matarumah pelatimu (marga dari negeri leparissa leamahu) yang terdiri dari 5 suku..
    1. suku arnolis,pemberani dan biasanya menjadi tokoh pemuda
    2. suku kontarler adalah hakim
    3. suku inspaktur adalah cendikiawan yg pintar yg biasanya teliti dalam berbagai hal/masalah pada matarumah pelatimu
    4. suku barak adalah rohaniawan
    5. suku yisrail adalah anak bungsu yg menjadi rakyat dan senang bersama-sama dengan rakyat lainnya (merayat)...mohon tanggapannya mengenai hal ini...GBU

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok bung nanti beta usahakan nulis artikel tentang Matarumah Pelatimu dari negeri Oma

      Hapus
    2. Bung jong Ambon..yg ale maksud marga Pelatimu apa marga Pelletimu,,krn setau beta ada marga Pelletimu dari Amahai-seram

      Hapus
  3. ada buku yang menulis tentang ditemukannya salah satu dari 10 Suku Israel yang terhilang... Suku GAD judulnya PINTU GERBANG EMAS ISRAEL YANG TERTINGGAL DI INDONESIA ditulis oleh Rabbi Resley, penerbit Pustaka Solomon - sold out di Gramedia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://media.kompasiana.com/buku/2011/10/31/ternyata-moyang-orang-maluku-adalah-bangsa-yahudi/

      Hapus
    2. http://id.wikipedia.org/wiki/Sepuluh_Suku_yang_Hilang

      Hapus