Kamis, 05 Januari 2012

Suku Israel yang hilang di Maluku2

Bagaimana dengan Kepercayaan, semua suku Israel yang hilang sudah pasti mempunyai sedikit atau sisa peninggalan kepercayaan kepada Tuhannya YAHWEH,EL/Eli/Eloy/Eloim, sangat disayangkan karena sisa2 suku Israel yg hilang yg telah ditemukan sudah jauh meninggalkan kepercayaan mereka kepada Tuhan nenek moyang mereka, hal ini ditemukan dalam beberapa kasus seperti suku Israel yg hilang di china dan Myanmar dll, yg sudah jatuh dalam penyembahan berhala sejak  Mereka diusir oleh YAHWEH, Eloim mereka karena menyembah berhala-berhala yg menjadi alasan pengusiran mereka oleh YAHWEH, Eloim mereka.  Apalagi seteah mereka tiba ditanah pembuangan mereka yaitu Ashur/Asyur/Assiria daerah sekitar Irak,Persia/Iran yg merupakan kerajaan penakluk mereka dan setelah berdiaspora ke berbagai tempat dimana mereka berdomisili sekarang,seperti india, Myanmar, china dll.  Ini juga karena mereka takut dan dilarang menyebut dan memanggil dengan sembarangan Nama Sang Pencipta yaitu YAHWEH yg merupakan nama yg suci dan kudus, bahkan untuk menuli Nama Yahweh mereka harus menggunakan tinta emas.   Mereka percaya kepada berhala-berhala setempat dan mencampuradukan tapi dalam keadaan suit dan mendesak mereka memanggil dan menyebut Nama YAHWEH, ELoim sang Pencipta.
Bagaimana dengan sisa dan jejak kepercayan orang Maluku kapada Tuhan sang pencipta Israel,  dalam hal ini suku Israel yang terbuang sampai ke ujung timur yang sudah diwahyukan dan diramalkan dalam Alkitab Yesaya 43:5-6. Orang Maluku sudah sangat jauh dan jatuh dalam penyembahan berhala. Tetapi orang Maluku secara umum masih mempunyai jejak-jejak penyembahan kepada Tuhan El/Eloi/Eloim, sebelum masuknya agama kristen/islam di Maluku. Dalam hal ini orang Maluku secara umum jarang atau tidak sama sekali menyebut Nama Yahweh karena Mereka takut akibat dari penyembahan mereka terhadap berhala dalam hal ini suku yg dominan yaitu Gad. Tetapi Nama El/Eloim masih disebut walaupun sudah jauh dari arti sesungguhnya karena sudah bercampur dengan kepercayaan setempat. Nama ini kita temukan dalam Penyebutan terhadap Tuhan oleh beberapa Masyarakat Maluku.
                seperti di Maluku Tenggara, masyarakat setempat memangil dan menyebut Tuhan dengan Nama Upu El, Upu Ela, Upur Ela/upurEla dll, 2 huruf  El/Ela menunjukan Nama dari Tuhan Israel yaitu El/Eloi.  Seperti IManuEl yg dalam pengertian aslinya Eloim beserta kita atau Seperti israEL, Isra  artinya tentara , El artinya El/Eloi.  Dalam masyarakat Maluku Tengah hampir sama dgn kebiasaan bangsa Israel yg selalu menyembah dan mempersembahkan korban dibukit2 dan gunung.
Masyarakat Maluku tengah menganggap gunung-gunung mereka adalah gunung2 suci, seperti gunung ManusEla,Murkele,Elhau dll
 ManusEla. Nama gunung ini sendiri awalnya bernama : “ El Manu “ yang kemudian dalam ucapan sehari – hari berubah menjadi : El Mu, kemudian Menjadi : Mu El Manu berarti El ialah Eloim ( Banding kan dengan : El/ Eloi/ Eli, Bab-El, Beth El dan lain-lain dalam kitab suci agama Kristen ) dan Manu berarti Ayam, yang mempunyai arti kiasan sebagai lambang yang menunjukkan : Yang Hidup/ Kehidupan, Perkasa dalam hal ini: Manusia dalam bahasa Nunusaku ialah : Manu + Siya/Saiya yang berarti : Yang hidup itulah Saya/ Aku atau Aku/Saya yang memberikan hidup, Lebih tepat artinya : Aku/Saya yang hidup, memberikan atau melanjutkan hidup.
Semua Kapata-kapata Tua dari orang Alifuru, mulai dengan air ampuhan ( Air Bah ) Noh, Bahtera Noh yang terkandas di Aratu, kemudian umat Allah atau Siwa Lima yakni Alifuru, mulai bertolak dari El Manu/ El Mu/ Mu menyusuri Sungai-sungai Tala, Eti, Supalewa dan Uli Batai , terpencar-pencar dan menduduki tanah kering/ pulau/ benua yang maha luas itu. Jadi arti dari Nam gunung El Manu/ManusEla menunjukan pribadi Tuhan El/Elohim yang Perkasa bandingkan dengan Nama Pribadi Sang juruselamat ImanuEL dengan Nama gunung  yg dianggap suci dan jga menjadi sesembahan beberapa orang Alifur dan Naulu yaitu Elmanu atau ManusEla. Dua Nama Tersebut memiliki arti sama
 Gunung Murkele, Maluku tengah. Nama ini berasal dari penamaan nenek moyang orang Maluku    pada jaman dulu. Mur artinya Cahaya dalam bahasa ibrani Mur atau Mir. Ada yg mengatakan bahasa arab tapi ingat orang arab tidak menyebut Mur/Mir tapi Nur dan orang arab tidak pernah menyembah atau menyebut Nama El/Eloim dan ada marga orang Maluku yaitu Miru yg artinya cahaya bandingkan dengan Meir dan Miru, Mur adalah Cahaya, El/Ele adalah Tuhan yg perkasa dan besar jadi arti Nama gunung Murkele adalah Cahaya Tuhan yang besar. Gunung ini dianggap suci oleh orang Maluku dan disitu disimpan duplikat 2 loh batu/ the ten commanmends yg sengaja dibawa dan dibuat oleh nenek moyang mereka yg datang ke tanah Maluku untuk mengingat Perjanjian leluhur mereka dengan Tuhan Eloim mereka.
Dan masih banyak Nama gunung yg penamaannya mengandung Nama Tuhan Eloim Israel tapi saya tdk akan menyebut dan membahas Nama2 gunung tersebut karena beberapa pertimbangan karena berada atau terletak di daerah saudara2 kita yg beragama islam.
Dari tulisan diatas kita bisa lihat pemahaman orang Maluku terhadap TuhanNya. mereka masih mengingat sedikit Nama Tuhan mereka yaitu El/Eloi/Eloim walaupun Pribadi yg mereka sembah salah yaitu gunung bukan TuhanNya lagi. NamaNya benar tetapi mereka sudah tidak mengenal Pribadinya lagi, mereka menganggap Tuhan mereka adalah gunung-gunung karena kepercayaan mereka sudah bercampur aduk dengan kepercayaan bangsa-bangsa lain.

2 komentar:

  1. Selamat semua!

    3000 years ago Seram/Cheram/Ceram called Nusach Salomoni.

    Nusach Salomoni means:
    -The law of Solomon. King Solomon of Israel.
    -Source

    Nunusaku Nunu e!
    The letter "Nun" is the 14th letter
    from the Hebrew alphabet.

    Nun means:
    -The kingdom of God on earth.
    -Kingdom
    -The souls of Israel are kings and childeren of kings.Heir to the throne-Mashiach.
    -Moses,"the great fish".
    -Moses the faithful servant.
    -The Shechinah - origin of the souls of Israel.

    Nun is also a name from the Bible. Joshua 1:1

    The distribution of the clans.
    Patasiwa clan=9
    Patalima clan=5

    If you count the numbers 9+5=14! "Nun" the 14th
    letter from the Hebrew alphabet.

    Alef is the first letter from the Hebrew alphabet."Alef" means:
    -"God is One": the absolute unity of God.
    -"There is non other besides Him" "One,singele, and unique."
    -One nation in the land.
    -First of all countable numbers.

    Alef'uru are one of the lost tribes of Israel.

    God bless you all!

    Syalom,








    BalasHapus